Bendungan Parisdo Karawang



Bandar Info – Bendungan Parisdo Walahar Karawang, Brother mungkin sudah tahu Daftar Bendungan Terbesar di Indonesia dan Dunia yang menarik untuk di kunjungi tetapi Bendungan terbesar di Kabupaten Karawang Jawa Barat ini pun tidak kalah menariknya untuk di kunjungi selain kita dapat menikmati keindahan alamnya juga di sini pun banyak terdapat tempat – tempat wisata kuliner yang tidak kalah dengan daerah lain.

Rencana silaturohim ke rumah Bro Deni pemilik PX 150 kinclong punya yang tempat tinggalnya enggak jauh – jauh amat dari Bendungan Parisdo alias Bendungan Walahar Karawang menjadikan kesan longing to friend yang sangat mendalam lantaran sudah bertahun – tahun hilang kontak dan enggak pernah ketemu.

Rencana pun diamini beberapa Biker yang menggunakan tunggangan berbeda karakter namun hobi turing hitung – hitung menghilangkan kepenatan sambil melihat kemegahan Bendungan Walahar, jam sebelas siang kami sampai di kediaman bro Deni dan sempat mengagetkan empunya rumah kunjungan yang tidak di sangka – sangka membuat histeris bro Deni sohib lama sewaktu menuntut ilmu di bangku Sekolah Menengah Atas yang pernah melakukan aksi wheele menggunakan Scooter PX 150 kepunyaan orang tuanya namun alih – alih aksinya membuat decak kagum yang melihat, gas terlalu dalam di putar alhasil tunggannya liar tak terkendali dan akhirnya nyungsep di selokan hehe... kenangan masa remaja yang sulit dilupakan.

Setelah melepas kangen peganan khas peturing pun di sajikan semacam kopi dan rangginang satu hal unik yang saya lihat di rumah bro Deni ini adalah Scooter PX 150 yang banyak menyimpan nilai historis masih setia menemaninya, gelak tawa pun tak tertahankan saat kami bercerita masa – masa indah di masa sekolah .

Bendungan Parisdo (Walahar)

Satu jam sudah kami berada di rumah sohib sejati ini, selepas menunaikan shalat dzuhur berjamaah bro Deni pun mengajak kami untuk berkunjung ke Bendungan Parisdo dan di sambut meriah oleh sohib – sohib biker, di iringi suara gemuruh air bendungan di sini pun kami asyik berkeliling seputar area bendungan sohib – sohib biker pun mulai bercerita tentang kegunaan dari bendungan hingga manfaatnya bagi saluran irigasi dan pertanian, bahkan ada juga di antaranya yang obrolannya mulai ngelantur dan menjurus  ke cerita mistis hantu bendungan dan mahluk – mahluk ghaib yang biasa mendiami sebuah bendungan, hehe... mungkin perut mereka sudah mulai keroncongan tuh makanya obrolannya pun sudah kesana – kemari.

 
Kami pun bergegas menuju rumah makan yang berada di sekitar bendungan yang menyediakan aneka macam pepes seperti pepes jambal, pepes ayam, pepes oncom, pepes  teri, pepes ikan mas dan lain sebagainya yang tentunya sangat cocok dengan lidah kami, sembil menyantap kuliner bro Deni bercerita tentang Sejarah Bendungan Walahar yang dulunya bernama Bendungan Parisdo yang telah berdiri sejak jaman Belanda sampai cerita sewaktu masa kecilnya dia yang suka berenang dan memancing ikan di aliran sungai ini.

Saking nikmatnya makan sambil mendengarkan cerita dari sohib saya ini sampai – sampai enggak kerasa makanan sudah habis dilahap tanpa tersisa, oh iya bro jika brother suka narsis – narsisan di sekitar Bendungan Walahar ini juga merupakan tempat yang tepat untuk hunting photo lantaran lansekapnya sangat indah sekali dan jika brother mau berkunjung ke sini alamatnya Bendungan Walahar Jl. Raya Kosambi Klari – Karawang.

Situ Cipule

Terlanjur berada di Karawang bro Deni pun mengusulkan satu lagi tempat wisata yang tidak kalah menariknya untuk di kunjungi yaitu Situ Cipule jarak dari Bendungan Walahar ke Situ Cipule ini kira – kira 10 Km tentu akan menjadi kunjungan yang makin asyik nih, ok Bro journey kita lanjut ke Situ Cipule.

 
Enggak banyak cerita di sepanjang perjalanan menuju Situ Cipule ini, Danau Cipule sejatinya merupakan bekas lokasi galian pasir yang berdekatan dengan sungai citarum yang kini telah berubah menjadi tempat wisata air bagi warga Kabupaten Karawang dan sekitarnya, keindahan alam sekitar danau ini pun sungguh indah dan dengan tersedianya perahu – perahu nelayan menambah keindahan tersendiri dari Situ Cipule ini.

Dan satu hal yang membuat saya sangat penasaran ingin mengetahuinya adalah banyaknya nama – nama kampung di sekitar Situ Cipule dengan menggunakan awalan kuta, seperti Kuta Pohaci, Kuta Kulambu Serta Kuta Tandingan yang hanya ada di Kabupaten Karawang, saya pun sempat menanyakan kepada bro Deni sejarah dari nama – nama kampung tersebut, namun sayang bro Deni pun belum mengetahui sejarahnya.

Sedikit info bagi brother yang akan mengajak keluarga, teman serta kerabat untuk berkunjung Situ Cipule lokasinya terdapat di Desa Mulyasari Kecamatan Ciampel Kabupaten karawang. Cukup sekian dulu journey kali ini semoga dapat berkenan di hati pembaca dan saya ucapkan banyak terima kasih.

Related Posts:

3 Responses to "Bendungan Parisdo Karawang"

  1. saya belom pernah kebendungan Parisdo yang di Karawang itu teh deh, kapan kapan mampir ah ke Parisdo

    BalasHapus
  2. wahh besar juga nih bendungan ya mas..
    salut sama karawang...

    Tutup tahun ini dengan senyuman dan sambut tahun baru dengan semangat, hari baru, tahun baru, semangat baru, Selamat tahun Baru 2015 saudara/i ku...

    BalasHapus
  3. enak ini, makan2 dipinggir bendungan..banyak manfaatnya yah dg keberadaan bendungan ini

    BalasHapus