Situ Wanayasa Purwakarta



Bandar  Info – Situ Wanayasa Purwakarta, danau yang memiliki sejuta pesona dengan latar belakang Gunung Burangrang yang berdiri kokoh menambah keindahan dan kesejukan alam sekitar di padu suhu udaranya yang dingin menambah kesejukan batin dan pikiran serta wisata kuliner dengan rumah makannya yang berjejer di sekitar area tempat wisata menyajikan berbagai menu seperti sate dan uli membuat siapa pun yang singgah dan menikmatinya seakan sulit untuk melupakan kenangan terindah saat berada di kota ini.

Itulah kesan pertama saat kami berada di danau seluas kurang lebih 7 hektar yang memiliki bentuk buleud (bundar) yang di tengah – tengahnya terdapat pulau yang engga lepas dari sejarah Kota Purwakarta dan Karawang karena di atas pulau tersebut bersemayam jasad salah satu pendiri Purwakarta yaitu RA. Suriawinata yang juga pernah menjadi Bupati Karawang yang ke 9, Beliau wafat pada tahun 1827 dan di makamkan di tengah – tengah pulau Situ Wanayasa ini.

Berwisata sekaligus mengenal sejarah tentu akan menjadi journey yang sangat menyenangkan, begitu juga dengan kami para biker yang mencoba menelusuri jalan alternatif yang menghubungkan Purwakarta dan jalan Cagak Subang ini merupakan romantisme tersendiri lantaran di sepanjang jalan ini kami di suguhi panorama alam yang indah tiada tara.

Bermain sepeda air merupakan solusi yang tepat untuk memanjakan anak maupun kekasih hati ketika memasuki area tempat wisata danau dengan melewati jembatan yang terbuat dari bambu yang di tata dengan baik serta airnya yang bersih menambat hati para wisatawan.

Selain situ atau danau yang menjadi daya tarik kota Wanayasa ini juga terkenal dengan buah manggisnya dan kebetulan sekarang ini lagi musim panen manggis, kami pun sempat mampir di salah satu tempat pedagang buah – buahan dan merasakan manisnya manggis Wanayasa yang enggak terkalahkan banget.

Bukan hanya itu, tumbuhan yang buahnya biasa di buat manisan semacam Pohon Pala sampai Pohon Cengkeh dan perkebunan teh pun tumbuh subur menghiasi wilayah yang bersih dan terawat dengan rapi ini.

Kota Wanayasa juga memiliki banyak santri dan santriwati lantaran di sini juga terdapat banyak pesantren yang diantaranya ialah Pondok Pesantren Cipulus yang didirikan oleh K.H Ahmad Bin Kyai Nurkoyyim yang akrab di sapa Ajengan Emad pada tahun 1840.

Kunjungan yang terasa singkat meski kami seharian penuh berwisata di kota kecil yang memiliki keindahan alami dangan Situ Wanayasa yang letaknya tepat di pinggir jalan yang menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Purwakarta telah memberi kesan yang sangat berarti bagi kami. (RH)





Related Posts:

1 Response to "Situ Wanayasa Purwakarta"